Di ACEH

Posted on

Proses belajar mengajar, pemberdayaan masyarakat Gampong Babussalam kecamatan Baktiya kabupaten Aceh Utara. www.tetrakursus.com datang sendiri ke lokasi tersebut selama hampir dua minggu mendampingi para peserta masyarakat desa setempat, dengan tujuan mengajar skill pembuatan pola, skill menjahit, dan skill pasang sol mulai dari sandal, selop, sepatu wanita dan sepatu pria dewasa. Dalam pelatihan ini yang perlu disiapkan adalah satu ruangan yang cukup guna mendukung pelatihan dan mesin jahit serta mesin seset serta material utama dan material bahan pendukung untuk pembuatan alas kaki.
Pengalaman sebagai trainner sangat berkesan terutama wilayah pedalaman Aceh utara (biasanya orang takut masuk wilayah Aceh) mungkin karena masa lalu.
Namun yang menjadi berbeda ternyata adalah keramahan dan friendly orang orang di Aceh. Misalnya ketika kita naik Motor sepanjang jalan mereka pasti menyapa seperti di jawa. Jadi siapa takut?
Kembali ke perihal pelatihan bahwa sasaran dari pelatihan ini dengan misi menjadikan masyarakat yang berkemampuan dan skill yang madani dan berakhlak islami dengan misi mencerdaskan dan serta kemandirian. Dengan visi misi ini diharapan menjadikan pioneer di desa tersebut, melihat potensi desa untuk inovatif dan kreatif dengan dukungan pemerintah desa dan aparatur sebagai penyelenggara. Pelatihan ini diikuti oleh masyarakat atau penduduk yang menjadi wakil dusun setempat dari pada warga desa Babussalam. Mereka diajari cara proses pembuatan alas kaki , diajarkan juga cara menjadi team work dan diajari cara berjualan on line.Ingat sekarang internet dan listrik sudah bisa masuk ke desa desa pelosok, naj dengan begitu menjadi lebih terbuka dan progresif dalam mencari ide dan gagasan serta penjualan. tetrakursus juga memberikan dukungan suport konsultasi gratis on line dan off line pasca pelatihan dan kursus. Dengan demikian harapan peserta bisa terwujud untuk bisa praktek pembuatan sepatu baik level pemula atau pun sampai level advance.