Kursus Desain Sepatu Sneaker

Cara bikin pola sepatu selama ini dibuat dengan berbagai cara dan metode. Antara lain dengan cara : membongkar sepatu yang sudah jadi kemudian dibuat pola terhadap komponennya. Ada pula yang dengan cara menggunakan paper tape (taping) satu sisi bagian luar shoe last atau outside saja, ada juga dengan kertas yang ditempelkan pada shoe last. Namun cara bikin sepatu yang paling efektif dan tepat selama ini digunakan adalah dengan cara taping copy of last dengan membungkus shoe last secara penuh atau full taping. Kelebihan cara atau metode ini adalah lebih keakurasian ukuran pola dan bentuk desain terhadap ukuran dan proporsi shoe last yang digunakan.

Cara membuat pola sistem ini adalah dengan membungkus shoe last cover full atau semua di bungkus outside dan inside serta bagian bawah atau bottomnya. Setelah dibungkus semua kemudian model atau desain yang sudah ditentukan digambar pada permukaan shoe last yang sudah ditaping tersebut dengan pencil dan pulpen. Setelah gambar selesai maka proses berikutnya adalah membuat meanform beserta gambar desainnya sekaligus sehingga dibentuk menjadi pola dasar, yaitu meanform sudah ditambah lasting allowances.

Setelah pola dasar selesai kemudian komponen komponen tersebut dipecah menjadi bagian-bagiannya per komponen yaitu bagin toe cap, vamp, quarter, eyestay, back tab, dan bagian tongue. Adapun cara pecah pola bagian bagian tersebut dapat anda ketahui dengan mengikuti artikel di website ini http://www.tetrakursus.com pada artikel yang kami terbitkan pada tahap berikutnya. Lihat juga di youtube kami yaitu di

video desain pola

Bersambung…….

By tetra 2019@Bali