Menjadi Tukang Sepatu, Masa Kini

Posted on

Menjadi Tukang Sepatu
Yang Handal__________________
Masa pandemi covid 19 terasa sekali pada semua bidang usaha, tidak terkecuali usaha di bidang sepatu. Meskipun kalau kita bahas, usaha sepatu memang sangat luas. maka dari itu saya mencoba akan membahas tentang satu fokus pada bidang Paletok atau pertukangan sepatu.
Sebagai tukang sepatu yang sudah berpengalaman tentunya membuat sepatu itu mudah bahkan bisa dikatakan bisa semua model sepatu dibuat, meskipun bisa saja menjadi spesialis atau bahkan sebaiknya spesialis di bidangnya, misalnya spesialis sepatu kulit, spesialis sepatu kulit wanita atau pria, spesialis sepatu safety, sepatu casual dan lain lain.

Nah seperti yang saya ungkapkan di atas apa hubungannya dengan Corona lalu bagaimana cara menyikapinya?

Sepatu fashion wanita

Bapak Ibu dan Saudara seiring dengan suasana saat ini kita harus paham bahwa akibat dari Corona ini sikap dan perilaku manusia akan berubah pada Masa Yang akan datang baik itu sebagai penjual ataupun pembeli. Sebagai pembeli misalnya akan mengurangi  interaksi terhadap penjual yaitu sosial distanscing dan physical distancing. Jadi pembeli cenderung mau beli dan jual secara on line.
Lalu maksudnya bagaimana dari sisi kita sebagai produsen? Nah sebagai penjual atau produsen juga harus bisa menanggapi dan mengambil sikap sesuai dengan kebutuhan pasar, misalnya apakah sebagai tukang sepatu ilmu kita sudah bertambah atau sudah up grade belajar terus? Apakah sudah puas dengan apa Yang Kita punyai saat ini?
Kalau masa yang lalu tukang sudah nyaman dengan pekerjaannya, asik dengan bagianya, nah ketika terjadi lockdown baru kaget dan terasa ada sesuatu yang berubah atau beda. Akibatnya usaha pun jadi stuck atau berhenti, lalu apakah kita menyerah begitu saja? 

Bagaimana menjadi Tukang sepatu yang handal dalam menghadapi situasi Pandemi ini? Saya akan mengajak And untuk membuka pikiran, wawasan dan open mind bahwa kita tidak bisa pungkiri kalau arus teknologi berjalan cepat dan manjadi santapan tiap hari, lihat saja anak SD sampai orang tua pegang HP. Bangun tidur buka hp, mau makan pegang hp dan seterusnya. Jadi yang pertama kita mengakui dulu bahwa hp menjadi kebiasaan baru manusia.
Yang kedua menyadari bahwa kita sebagai tukang sepatu sudah mendalami ilmu persepatuan? Apakah selama ini kita sudah merasa puas atau sudah merasa  pinter di sepatu. Ingat ilmu sepatu itu tidak ada batasnya di atas langit ada langit lagi. Jadi sebaiknya semakin spesialis maka akan semakin unik satu bidang misal sepatu perempuan, sepatu casual pria, sepatu safety dan sepatu sport. Jangan semua diiyakan nanti hasil kerjaan kita kurang berkarakter atau asal jadi.
Sepatu yang bagus memang dari awalnya model, model dapet dari shoe last baru kemudian outsole , bahan dan warna. Lalu difoto di upload dijawab pesan nya dilayani maunya apa? Nah yang ingin saya sharingkan adalah apakah selain kita sudah bisa menjadi pembuat sepatu lalu sudah bisa melayani dengan baik apa yang sudah kita pahami dan kita sadari tersebut diatas?
Artinya banyak tukang sepatu yang ahli dan pintar namun gagap teknologi akhirnya kalah cepat informasi, contohnya ada seorang tukang bisa buat pola, bisa jahit dan bisa ngesol, tapi hp nya jadul Dan kurang paham teknologi.

Hal ini bukan kesalahan siapa siapa baik Kita ataupun pemerintah, atau juragan atau teman Kita. Namun Kita masing masing harus mau maju dan mau belajar. Saat ini  dan dimasa datang tukang sepatu diharapkan bisa bikin sepatu dari awal sampai barang jadi serta plus bisa foto sepatu yang bagus, bisa packing dan bisa kirim ke ekspedisi sesuai alamat yang diminta pembeli serta jangan lupa lead time dan quality kontrol yaitu pengiriman yang tepat dan kualitas yang standart.
Apakah kita bisa seperti itu…..? jawabanya bisa dan pasti bisa karena saya ada bukti  ada tukang di bandung eks murid tetrakursus.com bisa bekerja seperti itu dan itu artinya tukang yang plus ada bintangnya. Saya sebagai pribadi belajar komputer setelah bekerja ditempat kerja, saya belajar internet malah pada usia 43. Artinya semua tidak ada yang terlambat tidak yang mustahil asalkan mau dan niat belajar.
Demikian dari saya salam semangat dalam persepatuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *