Pemahaman tentang Kursus Sepatu atau Tas

Posted on

Kali ini saya ingin menjabarkan bagaimana cara mengetahui dan memilih kelas kursus sepatu atau tas yang dikehendaki.

  1. baca juga :https://tetrakursus.com/kiat-memilih-seorang-trainer/

Sering kali calon peserta (CS) atau peserta memiliki ekpetasi yang berbeda beda, sehingga cara berpikir serta imajinasi tentang pelatihan itu sendiri juga berbeda. Coba kita pilah satu persatu dari sisi peserta.

Ada Cp yang dari nol.sama sekali belum pernah tahu tentang kursus sepatu tas. untuk peserta yang kategori seperti ini sebaiknya ikut total arahan trainner yaitu memasuki area basic atau dasar kursus antara lain basic design meliputi cara membuat gambar desain, cara potong desain, cara potong pola. Lalu basic merakit atau menjahit  yaitu basic menjahit, cara pasang benang,jenis benang yang digunakan, cara pasang jarum, jenis jarum yang dipakai cocok untuk bahannya. Lalu kalo untuk kursus sepatu basic cara lasting sepatu, cara lem sol sepatu, jenis bahan sol, cara gerinda dan cara tempel sol.

baca juga :https://tetrakursus.com/kursus-sepatu/

Meskipun CP sudah punya basic desain (ilustrator) namun akan tetap berbeda dengsn prakteknya. Atau misalkan sudah punya butik baju pun tidak bisa langsung transformasi kr bahan tas atau sepatu. Karena sepatu atau tas mempunyai kesulitan yang berbeda dengan baju bahkan mesin yang dipakai jauh berbeda.

mesin cylinder arm

Seorang yang mengaku desainer bisa dibilah menjadi dua jenis yaitu sebagai ilustrator gambar,design warna n motif namun beda dengan pattern maker yang mikir konstruksi dan teknis merakit barang. Alangksh baiknya desainer bisa juga menjahit.

baca juga :https://tetrakursus.com/video-kursus-sepatu/

Peserta kedua adalah jenis type yang sudah bisa menjahit akan lebih mudah untuk mengarahksn ke sisi teknis dan pengerjaan.

mesin walking foot

Dari sisi pendidik bahwa kemampusn seorang trainner adalah mengajar 1-3 orang secara langsung mulai dari pola sampai dengan barang jadi selama min 40 jam atau 6 hari 6 Shift kerja. Kalau lebih dari itu sebaiknya dipecah jadi beberapa group. Atau efeknya tidak akan maksimal dalam proses belajar mengajar. Lihat di berbagai diklat yang diadakan pemerintah mungkin formatnya lain.

tetrakursus.com

Dari ulasan diatas bahwa apapun yang akan kita pelajari dan kita ajarkan bilamana menyangkut skill dan kompetensi dibutuhkan pengalaman dan jam terbang latihan dan melatih, mustahil bisa bikin sepatu atau tas dalam satu atau dua hari apalagi mengacu bikin barang sesusi sample untuk pemula tidak disarankan. sebaiknya start dari awal step by step setelah 100 jam bisa diharapkan mampu dan madiri .

sumber:

www.tetrakursus.com

http://www.instagram.com/tetrakursus/