Pembuatan Sepatu vol. 1

gambar

” />” /> Desain

” />” /> Rimpelan

Proses pembuatan sepatu memang perlu kesabaran dan teliti karena menyangkut tiga hal yaitu design, fitting dan konstruksi.

Penjelasan sbb :

1. Design yaitu menyangkut bentuk shoe last, bahan, warna, konstruksi bottom sol dan top line atau garis desain itu sendiri. Hal ini sangat banyak pengaruhnya karena menyangkut trend dan model yang lagi up to date atau model classic yang menjadi ciri khas desain itu sendiri. Shoe last adalah cetakan kaki atau wakil kaki adalah desain awal sebagai bentuk sepatu yang akan kita buat baik itu Shoe last untuk baby, kid, young, woman atau men mulai size Euro/Perancis 16#-46#. Setiap shoe last mempunyai bentuk dan ukuran yang berbeda beda misal ukuran woman wanita dewasa dengan ujung runcing akan berbeda dengan model sepatu wanita lainnya yang bentuk depannya bulat. Di samping itu akan berbeda pula dengan heel atau hak yang tingginya berbeda beda mulai hak 1cm, 3cm, 5cm,7cm atau 9cm. Selain itu bentuk heel juga berbeda beda ada yang kotak, ada hak yang ramping, ada yang bulat dan lainnya. Desain sepatu dalam proses pembuatan sepatu, sangat besar pengaruhnya karena ini adalah awal dari pembuatan sepatu, tanpa desain dan pola sepatu tidak bisa dibuat atau dibentuk. Untuk lebih memudahkan kita dalam membuatkan desain sepatu sebaiknya dibuat sebuah klasifikasi yaitu sbb:

– tentukan nama atau jenis shoe last, – tentukan artikel number desain, – tentukan jenis bahan serta warna.

Jadi setelah kita menentukan Shoe last baru kita tentukan artikel number karena satu shoe last bisa menjadi berbagai model sepatu misalkan nama shoelast Aldo art 01,02,03,04 jadi last Aldo ada 4 artikel lalu kemudian setiap artikel kita tentukan bahan kulit atau non kulit atau campuran, berikutnya tentukan warna dari pada bahan bahan tersebut di atas.

………….. (bersambung vol. 2)……………..