Proses Lasting

Posted on

Berikut ini saya jelaskan tentang proses lasting atau tarik.
Dalam proses pembuatan sepatu salah satu proses akhir yaitu lasting dan assembling. Proses ini sangat penting karens menyangkut hasil akhir dan finishing sepatu baik kualitas atau kecepatan kuantitas.

Seperti yang sudah saya jelaskan pada proses sebelumnya, bahwa proses desain dan proses jahit sudah terlebih dahulu dilakukan sebelum proses lasting dan assembling.

Proses lasting dimulai dari persiapan alat yaitu tang lasting, paku, lem, shoe last dan upper yang sudah siap, dan bahan utama yaitu outsole yang akan ditempel.

Insole terlebih dahulu dipasang dengan paku di bagian bawah shoe last dengan menggunakan bahan uniflex atau flexon. Setelah itu dilem rata keliling bagian tepi bawah. Tidak lupa untuk dicek back hight sesuai desaign dan pola.

Untuk upper atau atasan juga dipersiapkan upper ditempel kain keras bagian depan dan belakang. Setelah ditempel dioles lem kuning pada bagian tepi sekelilingnya.

Setelah upper dan bottom siap maka kedua komponen diproses lasting mulai dari bagian depan, samping sampai belakang…..(bersambung)