Shoe last

Posted on

Pemahaman tentang shoe last sangat penting sekali bagi semua orang yang ingin bekerja di bidang sepatu. Shoe last awalnya dari kata shoe artinya sepatu dan last dari lasting atau cetakan kaki. Di tempat lain juga ada yang menyebut List, Acuan atau klebut, atau last, namun semua adalah sama. Shoe last ini fungsinya sebagai alat untuk mencetak bentuk sepatu, artinya apapun bahan yang digunakan untuk membuat sepatu baik kulit atau non kulit hasilnya akan seperti bentuk shoe last itu.

Bahan

Bahan baku untuk pembuatan shoe last beraneka ragam yaitu ada yang dari bahan kayu misal kayu sonokeling, kayu sawo yang mana kayu tersebut terdapat serat yang lembut, ringan dan kuat. Kelebihan menggunakan kayu ini di beberapa tempat masih banyak bahan baku dan mudah didapat meski demikian para pembuat shoe last kayu masih banyak menggunakan tenaga tangan manusia atau manual sehingga bentuk dan konsistensinya kurang untuk produksi banyak yang membutuhkan waktu lama. Bahan kayu juga sering menyusut karena cuaca atau karena rusak sering kena paku waktu digunakan. Ada pula pembuatan shoelast dari bahan aluminium de gan cara dibuat mould cetakan dengan pasir besi kemudian bahan yang sudah dilelehkan dengan panas kemudian dituangkan dalam mould atau dicor sehingga terbentuk shoe last dari aluminium.

Sekarang para pelaku usaha sepatu sudah banyak menggunakan plastik atau pvc. Bahan ini lebih awet dan konsisten. Cara pembuatan bahan bakunya yaitu dengan injection blok plastik sesuai mould atau cetakan. Setelah itu baru di bubut menggunakan mesin CNC. Durasi yang diperlukan untuk membuat shoelast satu pasang hanya 20-30 menit dengan dua kali di bubut yaitu bubut kasar terlebih dahulu kemudian bubut halus baru difinishing dengan mesin roughing.

Master shoe last

Dalam memproduksi dibutuhkan sebuah master atau acuan untuk pembuatan masal. Master ini dibuat oleh seorang dengan keahlian khusus membuat shoe last baik itu dari kayu atau dari plastik pvc. Master ada yang dibuat desain dari gambar, foto, atau sample sepatu atau mengukur bentuk kaki. Untuk pembuatan dengan mesin cnc master ini di copy dengan discan data kemudian ditransfer data tersebut ke mesin bubut.

Konstruksi dan jenis shoe last

Shoe last ada berbagai macam dan jenis. Shoe last bisa dibedakan jenis ukuran atau size serta laki atau perempuan dengan menggunakan system UK/US yaitu mulai no 1-14 anak dan 1-14 dewasa. Sedangkan sistem lainnya dengan menggunakan Euro dan Paris yaitu mulai 18 baby sampai dewasa 46.

Bentuk shoe last ada berbagai macam dan fungsinya misalkan bentuk pendek polos biasa, bentuk boot zipper, bentuk boot unzipper, bentul troteur serta sandal.

Adapun konstruksinya ada berbagai macam yaitu polos., cut bodi, c cut dan v cut.